Home » Kesehatan » Pengertian Diabetes Mellitus

Pengertian Diabetes Mellitus

Pengertian dan definisi Diabetes Mellitus adalah kumpulan gejala penyakit yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat penurunan sekresi insulin yang dapat dilatar belakangi oleh kerusakan sel beta pankreas dan resistensi insulin [Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI)].  Apabila hormon insulin yang dihasilkan oleh sel beta pankreas tidak mencukupi untuk mengubah glukosa menjadi sumber energi bagi sel, maka glukosa tersebut akan tetap berada dalam darah dan kadar glukosa dalam darah akan meningkat sehingga timbullah penyakit yang dinamakan dengan Diabetes Mellitus (DM) atau Penyakit Gula atau Penyakit Kencing Manis.

pengertian, cara mencegah, pencegahan, cara mengobati Diabetes Mellitus penyakit gula kencing manis

Gejala utama Diabetes Mellitus (DM) adalah sering buang air kecil (poliuria), sering merasa lapar (polifagia), sering merasa haus (polidipsia), serta berat badan yang menurun. Selain gejala-gejala tersebut, gejala yang sering di alami oleh penderita penyakit gula adalah timbul kesemutan pada jari tangan dan kaki, kurang gairah kerja, mudah mengantuk, badan terasa lemah, gatal-gatal, luka yang sulit sembuh, penglihatan kabur, gairah seks menurun bahkan sampai impotensi, dan keputihan. Terkadang, ada beberapa orang yang tidak pernah mengalami gejala-gejala tersebut, namun penyakit ini baru diketahui secara kebetulan pada waktu melakukan pemeriksaan darah.

Tindakan yang perlu dilakukan untuk pencegahan Diabetes Mellitus (DM) diantaranya adalah penyuluhan mengenai pentingnya olahraga secara teratur minimal 3 sampai 4 kali dalam seminggu, pengaturan gaya hidup, perencanaan pola makanan yang baik dan sehat terutama harus melakukan diet dengan pembatasan kalori, menjaga badan agar tidak terlalu gemuk dan menghindari obat yang bersifat diabetagenik serta pentingnya deteksi dini untuk mencegah semakin parahnya penyakit Diabetes Mellitus (DM).

Penatalaksanaan Diabetes Melitus

Tujuan utama penatalaksanaan diabetes melitus yaitu mencoba menormalkan aktivitas insulin dan kadar glukosa darah dalam upaya untuk mengurangi terjadinya komplikasi vaskuler serta neuropatik dan diharapkan pada setiap tipe diabetes dapat mencapai kadar glukosa darah yang normal. Penanganannya bervariasi karena terjadi perubahan gaya hidup, keadaan fisik dan mental penderitanya. Ada beberapa komponen dalam penatalaksanaan diabetes meliputi diet, latihan fisik, pemantauan kadar gula darah, terapi dan penyuluhan berupa pendidikan (Brunner & Suddarth, 2001).

Sekian dulu artikel kesehatan kali ini yang membahas tentang Diabetes Melitus atau penyakit kencing manis. Anda juga dapat membaca artikel saya yang lain yaitu cara cepat hamil dan ciri anak autis. Semoga bermanfaat


Artikel Menarik Lainnya :
Random Posts :

Tulis Komentar Anda

budi says:

Mungkin bisa dicoba dengan pengobatan alternatif bawang dayak.
semoga bermanfaat
hxxp://www.kapsulbawangdayak.blogspot.com